Berita
10 May 2017
Cara Membersihkan Lidah & Mencegah Bau Mulut
Cara Membersihkan Lidah & Mencegah Bau Mulut
Cara Membersihkan Lidah & Mencegah Bau Mulut
SHARE

Salah satu penyebab umum halitosis atau bau mulut kronis, adalah pertumbuhan bakteri pada lidah. Kebanyakan orang biasa menyikat gigi dan berkumur dengan obat kumur untuk menghilangkan bau mulut, tanpa membersihkan lidah sebagai bagian dari program kebersihan mulut.

Berikut ini langkah-langkah sederhana yang dapat kita gunakan untuk membersihkan lidah :

  1. Bilas mulut dengan obat kumur terlebih dahulu untuk membunuh kuman yang berkembang biak di dalam mulut. Berkumurlah sekitar 1-2 menit agar lebih efektif. Upayakan agar ketika berkumur bagian di bawah lidah dan pangkal lidah terjangkau. Kedua bagian tersebut merupakan sarang kuman yang menyebabkan bau mulut.
  2. Gunakan sepotong benang untuk mengikis kotoran pada lidah setelah menggunakan obat kumur. Mulailah dari bagian belakang lidah dan tarik ke depan dengan benang sampai mencapai ujung lidah. Lakukan kira-kira dua sampai empat kali agar lebih efektif.
  3. Ambil sikat gigi, oleskan sedikit pasta gigi dan gosok lidah anda dengan gerakan melingkar. Gosok hingga bagian pangkal lidah namun upayakan jangan sampai tersedak.
  4. Bersihkan kembali lidah dengan tongue scraper (pembersih lidah). Alat ini berbentuk seperti kail yang digunakan untuk menarik kuman dari lidah. Jangan menarik terlalu keras karena hal ini akan membuat lidah sakit. Alat ini banyak dijual di minimarket atau apotik.
  5. Setelah selesai, bilas mulut dengan obat kumur untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran yang mungkin masih tertinggal. Jangan lupa membersihkan peralatan yang dipakai dengan air bersih, keringkan kemudian simpan di tempat kering.