Berita
10 May 2017
Lidah Buaya & Cara Pemanfaatannya
Lidah Buaya & Cara Pemanfaatannya
Lidah Buaya & Cara Pemanfaatannya
SHARE

Secara umum, lidah buaya adalah salah satu tanaman terpopuler di dunia yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi berbagai produk kesehatan dan kecantikan. Lidah buaya merupakan salah satu jenis tanaman sukulen, yaitu salah satu jenis tanaman yang dapat menyimpan air di dalam dagingnya. Dengan kemampuannya tersebut, tanaman ini mampu bertahan hidup di daerah yang kering dengan curah hujan rendah dalam waktu yang cukup lama.

Tanaman lidah buaya bisa juga dibuat jus yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh kita. Karena merupakan bahan alami, maka tanaman ini aman untuk dikonsumsi. Lidah buaya mengandung lebih dari 200 komponen aktif diantaranya asam amino, enzim, polisakarida, dan asam lemak. Selain itu, lidah buaya juga banyak mengandung nutrisi yang sarat mineral, dan vitamin seperti vitamin B kompleks, C, A. Mineral yang terkandung dalam lidah buaya juga cukup tinggi seperti magnesium, selenium dan zinc.

Berikut ini beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan:

Untuk mengobati penyakit radang tenggorokan. Caranya, ambil 1 helai daun lidah buaya kemudian cuci dan kupas. Ambil isinya kemudian potong-potong atau diblender. Lalu tambahkan 1 sendok makan madu murni. Dapat diminum 3 kali dalam sehari.

Untuk mengobati penyakit ambeien. Caranya, ambil setengah batang daun lidah buaya yang sudah dibersihkan dengan membuang durinya, kemudian cuci, lalu diparut. Tambahkan setengah gelas air panas, kemudian peras. Masukkan 2 sendok makan madu murni. Anda dapat meminumnya tiga kali sehari dalam keadaan hangat.

Untuk mengobati penyakit diabetes melitus. Caranya ambil 2 batang daun lidah buaya yang sudah dicuci bersih dan dibuang durinya. Kemudian potong-potong untuk direbus dengan 3 gelas air, setelah itu, saring dan minum hasil saringan tersebut setelah makan, tiga kali dalam sehari. Diminum dengan dosis setengah gelas setiap kali minum.

Untuk mengobati sembelit. Caranya, ambil setengah batang daun lidah buaya, cuci bersih dan kupas. Setelah dikupas, potong isinya kecil-kecil. Seduh dengan setengah gelas air. Beri 1 sendok makan madu murni. Makan saat masih terasa hangat dua kali dalam sehari. 

Untuk menurunkan kadar gula darah. Caranya, ambil satu pelepah lidah buaya ukuran besar kurang lebih seukuran telapak tangan. Kemudian bersihkan dengan mengupas kulit dan durinya. Rendam kurang lebih selama 30 menit dalam air garam. Kemudian remas sebentar, lalu bilas di bawah air yang mengalir misalnya air kran. Setelah dibilas, rebus dengan tiga gelas air sampai mendidih. Setelah itu dinginkan dan minum sebanyak setengah gelas, dua atau tiga kali dalam sehari.

Untuk Penyubur rambut. Caranya, ambil 2 pelepah lidah buaya kemudian cuci dan kupas sampai bersih. gosokkan isinya pada kulit kepala. Sebelum digosok menggunakan isi lidah buaya tersebut, sebaiknya keramasi rambut terlebih dahulu pada sore hari. Setelah digosokkan pada kulit rambut kemudian bungkus dengan kain. Bilas pada keesokan harinya. Anda dapat melakukannya setiap hari selama tiga bulan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tumbuhan lidah buaya juga bisa dibuat minuman jus yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Dengan minum 2 sampai 4 ons, atau setara dengan setengah cangkir jus lidah buaya setiap hari, dapat membuat kulit terlihat bersih dan dapat memperbaiki kualitas kulit.