Berita
10 May 2017
Manfaat Daun Jambu Biji dan Cara Mengolahnya
Manfaat Daun Jambu Biji dan Cara Mengolahnya
Manfaat Daun Jambu Biji dan Cara Mengolahnya
SHARE

Jambu biji merupakan jenis buah yang bisa dikonsumsi baik secara langsung ataupun diolah terlebih dahulu menjadi jus buah yang menyegarkan. Akan tetapi daun jambu biji juga terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita. Daun jambu biji banyak bermanfaat sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit. Diantaranya sebagai berikut:

1. Obat diare
Cara membuat ramuan obat diare: siapkan 5 lembar daun jambu biji, 1 potong akar, kulit, dan batang dari tanaman jambu biji. Rebus semua bahan tersebut ke dalam 1,5 liter air hingga mendidih. Saring airnya dan konsumsi 2 kali sehari. Selain itu bisa juga dengan mengunyah daun jambu biji yang masih muda dengan tambahan sedikit garam. Telan airnya dan buang ampasnya.

2. Obat masuk angin
Cara membuat ramuan obat masuk angin: sediakan 10 lembar daun jambu biji yang masih muda, 1 buah cabai merah, 3 buah asam, 1 potong gula merah, garam secukupnya. Rebus semua bahan tersebut bersama 1 liter air. Setelah mendidih, saring dan konsumsi airnya setelah dingin sebanyak 2 kali sehari.

3. Obat maag
Cara membuat ramuan obat maag: siapkan delapan lembar daun jambu biji segar yang telah dicuci bersih. Rebus bersama satu setengah air hingga mendidih. Saring air rebusan tersebut setelah dingin, kemudian konsumsi tiga kali sehari.

4. Obat sariawan
Cara membuat ramuan obat sariawan: siapkan 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji. Cukup rebus bahan tersebut bersama dengan 2 gelas air hingga mendidih. Saring untuk di ambil airnya, dan konsumsi sebanyak 2 kali sehari.