Berita
10 May 2017
Sarapan Sehat Itu Simpel
Sarapan Sehat Itu Simpel
SHARE

 

Sarapan adalah salah satu kegiatan esensial yang sebaiknya tidak ditinggalkan, walaupun jika sedang menjalani diet. Sarapan memberi tubuh energi untuk menjalankan aktifitas dengan optimal hingga siang hari. Sarapan pada dasarnya harus mengenyangkan, tetapi juga mengandung protein dan kandungan yang baik bagi tubuh. Berikut beberapa ide sarapan sehat yang mudah dan simpel:
 
1. Orak arik telur
Protein adalah sumber energi yang baik. Telur boleh dibuat dadar atau ceplok, tambahkan su’un, buncis yang diiris tipis dan juga wortel yang juga diiris tipis bumbui bawang putih bubuk, garam dan sedikit merica.
 
2. Telur dan kentang rebus
Menu ini baik bagi yang sedang menjalani diet. Jika ingin makanan yang cukup mengenyangkan tanpa takut gemuk, telur rebus yang kaya protein dan kentang yang mengandung karbohidrat bisa jadi pilihan yang baik. Tambahkan saus, merica bubuk dan garam agar rasanya lebih nikmat.
 
3. Jus buah
Tidak ada salahnya mengganti makan di pagi hari dengan segelas jus buah. Jus buah yang sehat dibuat tanpa tambahan gula. Jus yang baik di pagi hari adalah jus mentimun, alpukat, mangga dan juga jus stroberi, juga bisa minum jus campuran tomat, apel dan wortel.
 
4. Ubi rebus
Sarapan pagi lainnya adalah ubi rebus. Belilah ubi manis yang kemudian cukup direbus sendiri untuk sarapan. Kandungan indeks glikemik ubi rebus lebih rendah dibanding nasi sehingga tidak akan menambah berat badan.
 
5. Nasi jagung atau beras merah
Bosan dengan nasi putih biasa, coba makan nasi jagung. Biasanya terbuat dari jagung yang digiling kasar namun ada juga yang mencampurnya dengan beras putih. Jika sulit menemukan nasi jagung, coba beras merah yang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.