Peduli gizi
Tentang Program Tango Peduli Gizi 2017
SHARE

Pada Desember 2017, Wafer Tango bekerja sama dengan Yayasan Obor Berkat Indonesia (OBI) kembali mengadakan program Tango Peduli Gizi Anak Indonesia (TPGAI), yakni sebuah program yang mengusung misi membantu memperbaiki kondisi gizi anak-anak Indonesia.

Selama tujuh tahun pelaksanaannya, program TPGAI telah menjangkau hampir seluruh wilayah Kepulauan Nias. Dimulai pertama kali pada periode tahun 2010-2011, di Desa Sisarahili (Kabupaten Nias), Desa Sitolu Banua (Kabupaten Nias Barat) dan Kota Gunungsitoli. Periode 2011-2012 fokus di Kota Gunungsitoli. Periode 2012-2013 di Desa Banua Gea (Kabupaten Nias Utara). Periode 2014-2015 di Desa Hiligodu Ulu (Kota Gunungsitoli) dan periode 2016-2017 di Desa Siwalubanua (Nias Selatan).

Program TPGAI 2017 merupakan kelanjutan dari program TPGAI sebelumnya, dengan fokus kegiatan pada program edukasi gizi dan pengembangan Desa Siwalabanua, Kabupaten Nias Selatan. Adapun kegiatan-kegiatan yang secara rutin diselenggarakan oleh TPGAI adalah Pemberian Makanan Tambahan (PMT),  Balai Pemulihan Gizi (BPG), Home Visit, Rumah Sehat Tango, Pemberdayaan Ekonomi Keluarga, Perbaikan Prasana Kesehatan, Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan, Pelatihan Teknologi Tepat Guna, Taman Gizi Sekolah dan Keluarga, Lomba Taman Gizi Sekolah, serta Penyuluhan Gizi dan Pola Hidup Sehat. Pada tahun 2016-2017, ada 50.000 siswa-siswi dari 250 sekolah di empat kabupaten dan satu kota Kepulauan Nias mendapatkan edukasi tentang gizi dan pola hidup sehat.

Kehadiran Tango melalui program TPGAI didukung oleh OBI, telah membantu mengatasi sebagian permasalahan gizi masyarakat di Kepulauan Nias. Dengan menjalankan kegiatan-kegiatan yang menekankan pada pentingnya edukasi dan pemberdayaan, diharapkan TPGAI ke depannya akan semakin memberi dampak yang optimal dan membuat masyarakat lebih mandiri dalam mengatasi sendiri permasalahan gizi di lingkungannya.